Pelatihan Tutor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Serang (UPBJJ-UT Serang) merupakan salah satu program penting Universitas Terbuka.Tema Pelatihan Tutor yang diusung kali ini adalah Meningkatkan kualitas dan kompetensi tutor UPBJJ-UT Serang.

Sebanyak 30 tutor baru Masa Registrasi 2016.1 UPBJJ-UT Serang mengikuti Pelatihan Tutor yang berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal6 April sampai 8 April 2016 , bertempat di Hotel Wira Carita, Jalan Raya Pandeglang-Labuan Banten. Adapun tutor yang mengikuti pelatihan berasal dari PTS dan PTN wilayah Banten.

Kepala UPBJJ-UT Serang Drs. Maman Sudirman,S.Pd.,M.Pd dalam pembukaan pelatihan tutor menyampaikan bahwa Kita perlu menyadari bahwa tuntutan kualitas tutor UT makin hari makin meningkat. Apalagi saat in ituntutan mutu pendidik yang kian menjadi sorotan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan berbasis kompetensi ini sedikit banyak diharapkan mampu memenuhi tuntutan tersebut meski secara kualitas dan kuantitas masih perlu pembinaan lebih lanjut.

Kepala UPBJJ-UT Serang juga menegaskan tentang tujuan pelatihan tutor sebagai berikut : (1) memberikan bekal kompetensi dasar terhadap tutor sebelum bertugas, berbagi informasi dari narasumber terutama dari dosen UPBJJ-UT Serang yang telah ikut pelatihan Tutor Inti di UT Pusat, mempererat hubungan kerja seluruh Tutor UT dan staf UPBJJ-UT Serang, (2) Tujuan selanjutnya adalah sebagai forum penyegaran dalam upaya meningkatkan pemahaman maupun pengetahuan tentang bagaimana seharusnya melaksanakan tutorial terhadap mahasiswa UT.

Pelatihan tutor berisi penyajian tentang tata cara, strategi dan metode pelaksanaan tutorial, serta memberikan bekal dasar sebelum melaksanakan tutorial. Koordinator BBLBA, Is Eka Herawati,SP.,MM bersama staf dosen UPBJJ-UT Serang menyampaikan materi pelatihan bagaimana tutor membuat perencanaan tutorial, mengembangakan RAT dan SAT, membuat kisi-kisi, rancangan tugas, pedoman penskoran dan bahan presentasi. Peserta pelatihan tutor juga mendapatkan materi konsep sistem pendidikan jarak jauh, konsep dan prinsip belajar mandiri, strategi belajar mandiri dan praktek, bagaimana menciptakan pembelajaran aktif dalam tutorial, keterampilan dasar tutorial serta ragam metode pembelajaran. Dipenghujung acara koordinator BBLBA melaporkan bahwa peserta pelatihan tutor 100 persen hadir dan tuntas dalam mengikuti seluruh materi dan praktik serta menyelesaikan tugas pelatihan dengan baik sehingga seluruh peserta layak mendapatkan sertifikat pelatihan. (Is Eka Herawati)