Serang menyelenggarakan Bimbingan Tesis Residensial (BTR) I, setelah satu angkatan sebelumnya Serang memiliki mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana (PPs)fully online. Merupakan masa yang sangat membanggakan untuk UPBJJ-UT Serang karen dapat menyelenggarakan PPs berbasis Tutorial Tatap Muka (TTM), untuk kali pertama Serang mengadakan Bimbingan Tesis Residensial I (BTR) I, mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana.

Tanggal 4 dan 5 Februari 2017, dua puluh orang mahasiswa yang tercantum namanya dalam SK Direktur PPS nomor 14019/UN31.4/KEP/2016, semangat mengikuti BTR I. Pada kesempatan yang berbahagia tersebut turut hadir Pembantu Rektor III Universitas Terbuka Aminudin Zuhairi, Ph.D sebagai undangan, yang memberikan kesan berbeda dalam pelaksanaan BTR I di UPBJJ-UT Serang, sebagai Pembimbing I hadir pula Direktur Pascasarjana Dra. Suciati, M.Sc., Ph.D. sebagai Pembahas Ahli bersamaan dengan dua pembahas ahli yang berasal dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) , Dr. S Soemantri dan Prof.Dr. Yufiarti, M.Psi..

Tiap-tiap peserta BTR I bersemangat memaparkan proposal yang telah dibuat dihadapan para penguji ahli dan teman satu angkatan. Yadi, salah seorang peserta BTR I, menuturkan “BTR I luar biasa, penuh dengan masukan-masukan yang sangat berarti bagi kami dari pembahas ahli, para pembimbing dan Direktur Pasca, membuat kami lebih semangat dan termotivasi untuk memperbaiki dan meyelesaikan TAPM dengan baik dan tepat waktu, semangat 45 demi masa depan yang lebih baik, tidak lupa Yadi mengucapkan terimakasih kepada Pihak UPBJJ-UT Serang, Direktur Pascasarjana, Pembantu Rektor III-UT, Pembahas Ahli dan para Pembimbing.(PSN)