Dec 10, 2018 Last Updated 7:42 AM, Dec 3, 2018

MERAJUT POKJAR BARU BERSAMA PGMI, UPBJJ-UT SERANG DORONG PENINGKATAN APK PT PROVINSI BANTEN

Published in pengumuman
Read 151 times
Rate this item
(0 votes)

PGSM1

MERAJUT POKJAR BARU BERSAMA PGMI, UPBJJ-UT SERANG DORONG PENINGKATAN APK PT PROVINSI BANTEN

Rabu, 18 April 2018 UPBJJ-UT Serang kembali menggelar pertemuan dengan DPW PGMI Provinsi Banten yang diselenggarakan di UPBJJ-UT Serang. Upaya ini digelar untuk menindaklanjuti MoU UT-PGMI yang telah ditandatangani pada tanggal 30 Maret 2018 di Hotel Jayakarta Anyer.

Pertemuan ini dihadiri oleh anggota DPW PGMI dari Kota Tangerang, Kab Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kab. Serang, Kab Pandeglang, Kab Lebak yang sangat antusias mengikuti dari awal hingga berakhirnya kegiatan.

Dr. Maman Rumanta, M.Si sebagai kepala UPBJJ-UT Serang membuka kegiatan ini dengan penuh sapaan. Kepala UPBJJ-UT Serang mengatakan bahwa UT saat ini telah menjelma menjadi Perguruan Tinggi Jarak Jauh yang modern dan digadang-gadang menjadi  “Cyber University of Indonesia” oleh Kementrian Ristekdikti. Cyber University merupakan istilah generik yang digunakan oleh beberapa PT yang menyelenggarakan program belajar online, seperti Seoul Cyber, The Cyber University of Korea, dan Thailand Cyber University.

Sistem belajar online yang dimiliki UT  ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan untuk memperoleh jenjang pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di wilayah-wilayah terpencil, tak terkecuali di beberapa wilayah Provinsi Banten.

Masyhudi, S.Ag, M.Pd sebagai Ketua DPW PGMI Provinsi Banten memberikan sambutan yang berisi tentang slogan “Berbagi Nikmat, Menularkan Manfaat”. Hal tersebut disampaikan dengan baik yang kedepan berharap UPBJJ-UT Serang selalu terbuka dengan kalangan umum, PGMI memberikan dukungan hangat untuk kemajuan UPBJJ-UT Serang. Beliau mengatakan “profesionalisme dalam PGMI mempunyai 2 sisi pandangan yakni yang pertama dalam sisi kualifikasi akademik yang ditingkatkan melalui jalur pendidikan dan yang kedua kompetensi akademik harus ditingkatkan melalui program pelatihan atau workshop”.

Dalam rapat ini ada beberapa materi yang dijelaskan oleh Kasubbag TU Dyah Palupi S, S.Kom, PJ Bag. Registrasi Darwin Effendi, S.Kom, PJ Bag. BBLBA Is Eka Herawati, SP., MM, dan Staff ICT Ade Irawan, Amd.

Kasubbag TU yang memperkenalkan materi tentang Kebijakan UT, Manajemen UT dan Skema Baru Kelompok Belajar. Pada materi ini disebutkan tentang Kelompok Belajar, Peta Wilayah yang ada dilingkungan UPBJJ-UT Serang antara lain Kota Serang, Kab. Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, Kab. Tangerang, Kab Pandeglang, Kab Lebak, Pengurus Pokjar yang mana kepengurusan tersebut dibentuk oleh UPBJJ-UT dan ditetapkan oleh Kepala UPBJJ-UT untuk membantu memberikan layanan kepada sekelompok mahasiswa dan dikoordinasikan oleh satu pengurus pokjar. Pada butir terakhir dalam materi ini adalah tentang Kewajiban Pengurus Pokjar, dalam materi tersebut disampaikan bahwa pokjar harus menjaga citra positif UT, memahami sistem penyelenggaraan pendidikan UT dan ketentuan lain yang terkait dengan layanan belajar mahasiswa.

PJ Bag. Registrasi menjelaskan terkait proses pendaftaran calon mahasiswa yang mana calon mahasiswa tersebut harus melengkapi dokumen pendukung dalam persyaratan masuk menjadi mahasiswa UT. UPBJJ-UT Serang mempunyai web yang dapat diakses mahasiswa atau umum dengan link serang.ut.ac.id, dalam web ini terdapat informasi mulai dari fakultas, layanan mahasiswa, tutor, pengumuman yang setiap saat di update , layanan pokjar, dan gallery yang didalamnya terdapat dokumentasi setiap kegiatan UPBJJ-UT Serang.

PJ Bag. BBLBA memberikan penjelasan tentang layanan yang dapat mempermudah mahasiswa untuk mendapatkan informasi terkait pendidikan yang ada di UT. Materi Bantuan Belajar dan Layanan Buku Ajar yang diantaranya mencakup bantuan belajar mulai dari tutorial / praktek / praktikum, layanan bahan ajar, serta kemahasiswaan.

Untuk Tutorial tatap muka ada 2 jenis yaitu tutorial wajib artinya tergantung dari mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa tersebut sedangkan tutorial Atas Permintaan Mahasiswa (Atpem) dilaksanakan atas permintaan mahasiswa dan dikoordinasikan dengan UPBJJ. Selain itu, ada juga modus tutorial online yang dapat diakses melalui layanan internet dan tutorial radio / TV bisa dilihat jadwalnya dikatalog UT dan pada laman UT Online.

Selain itu, dijelaskannya bahwa mahasiswa UT dapat memesan buku pada aplikasi yang telah disediakan UT dengan link www.ut.ac.id dan dapat memilih pada layanan TBO (Toko Buku Online).

Materi yang terakhir disampaikan oleh Staff ICT UPBJJ-UT Serang, menjelaskan penggunaan sistem online yang dimiliki UT. Terdapat beberapa layanan pada sistem online UT diantaranya informasi untuk pendaftaran, dimana calon mahasiswa dapat mendaftar secara online melalui SRO (Sistem Registrasi Online), mahasiswa juga dapat meng-upload karya ilmiah (Karil) dalam aplikasi ini. Dengan sistem yang berbasis online ini diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk kalangan Masyarakat khususnya mahasiswa UT.

Dipenghujung kegiatan Dr. Maman Rumanta, M.Si mengumumkan pembentukan Kelompok Belajar mulai dari ketua Pokjar PGMI  Kota Tangerang H. Saparudin, ketua Kab. Tangerang Didin Hadiat, ketua Kota Serang Tb. Miftahul Jannah, ketua Kab. Serang Momon Andriwinata, ketua Kota Cilegon Zaeti M, ketua Kab Pandeglang Slamet, ketua Kab. Lebak Ahmad Firdaus. Selanjutnya mereka diharapkan dapat membentuk kepengurusan Pokjar serta merekrut calon mahasiswa UT yang ada di Wilayahnya. Dengan terbentuknya pokjar-pokjar baru ini diharapkan semakin meningkatkan derap langkah UT dalam membantu Provinsi Banten meningkatkan angka Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi yang masih tergolong rendah dibanding rata-rata APK perguruam tinggi secara nasional sebesar 31,5%.   ( Esa Oktarisa )

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.