Dec 10, 2018 Last Updated 7:42 AM, Dec 3, 2018

MENJAGA KUALITAS PROPOSAL TESIS MAHASISWA MELALUI BIMBINGAN TESIS RESIDENSIAL (BTR) 1

Published in pengumuman
Read 137 times
Rate this item
(0 votes)

btr1

MENJAGA KUALITAS PROPOSAL TESIS MAHASISWA MELALUI BIMBINGAN TESIS RESIDENSIAL (BTR) 1

Pendidikan merupakan proyek abadi dan menjadi kunci dalam meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara komunal. Dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional, diperlukan Pendidik yang berkualitas untuk mensinkronkan perubahan peradaban sehingga turut memberi warna dalam penentuan arah dan telaah konsep pendidikan secara komprehensip. Betolak dari konsep di atas, maka dapat dikatakan bahwa guru merupakan wajah dari pendidikan itu sendiri. Urgensi ini dapat dicapai jika seorang guru terdorong untuk meningkatkan kapasitas serta kapabiltas berpikir melalui pendidikan Pascasarjana (PPs).

Bimbingan Tesis Residensial (BTR) 1 merupakan tahap wajib yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa PPs UT. Pada tahap ini, seorang mahasiswa PPs dituntut untuk dapat mendesain filosofi berpikir secara terstruktur dan terukur melalui penulisan proposal penelitian dan diseminasikan pada forum akademik serta ditelaah oleh beberapa pembahas yang relevan dalam kajian tersebut.

Proses BTR 1 bertujuan memberi arah dalam mendesain rancangan penelitian tesis mahasiswa MPDR UT sehingga dapat menghasilkan karya akademik yang berkualitas dan terukur.

Tahapan BTR 1 berlangsung selama 2 hari, terhitung tanggal 5-6 Mei 2018. Dalam pelaksanaanya, proses ini dihadiri sebanyak 21 mahasiswa PPs MPDr UPBJJ UT-Serang periode 2016.1 dari total mahasiswa yang terdaftar sebanyak 22 mahasiswa. Mahasiwa yang berhalangan hadir dalam proses BTR 1 yakni Sdri Iva Kurniawati. Dalam proses ini menghadirkan Tiga Pembahas Ahli, yaitu (1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi (Guru Besar Psikologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta); (2). Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd (Guru Besar Ilmu Kependidikan Universitas Negeri Jakarta); dan (3). Dr. Jarnawi Afgani Dahlan, M.S (Pakar pendidikan Universitas pendidikan Indonesia). Kehadiran Dekan FKIP UT (Prof. Udan Kusmawan, Ph.D) dalam kapasitas sebagai Pembimbing II turut menambah aroma akademik dalam proses ini.

btr2

Proses BTR 1 dibuka secara resmi oleh Kepala UPBJJ UT-Serang (Dr. Maman Rumanta, M.Si), dilanjutkan dengan diseminasi dalam Tiga kelas secara parallel. Kehadiran beberapa pembimbing II dalam lingkungan UT, turut memberi warna cerah bagi berlangsungnya proses ini. Hal ini karena cukup banyak masukan dan saran yang diberikan demi terarahnya desain rancangan penelitian dan kesempurnaan penulisan tesis mahasiswa.

btr3

Pelaksanaan BTR 1 melahirkan sejumlah masukan yang perlu dicermati oleh setiap mahasiswa MPDR UT dalam menentukan alur pengumpulan data hingga penulisan tesis. Aspek korelasi antara Tujuan Penelitian dengan rumusan Masalah mendapat penekanan serius dalam setiap presentasi mahasiswa. Selain itu, Metode Penelitian dan Novelty merupakan aspek yang turut mendapat sentuhan dari Tiga pembahas Ahli. Dari keseluruhan proses ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami berbagai penekanan itu sehingga menambah bobot proposal hingga sampai penulisan tesis.

Dari awal hingga berakhirnya proses BTR1, ditemukan beberapa hal yang harus diberi catatan khusus diantaranya. Kehadiran pembimbing I dan Pembimbing II dalam forum BTR 1 sangat diperlukan. Hal ini agar mendapatkan kesesuaian filosofi berpikir yang searah antara pembimbing dan mahasiswa yang dibimbing. (Rony M Kunda)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.