Dec 10, 2018 Last Updated 7:42 AM, Dec 3, 2018

PROGRAM KERJASAMA UT-UNTIRTA SIAP MENDONGKRAK APK PERGURUAN TINGGI PROVINSI BANTEN

Published in pengumuman
Read 191 times
Rate this item
(1 Vote)

PROGRAM KERJASAMA UT-UNTIRTA SIAP MENDONGKRAK APK PERGURUAN TINGGI PROVINSI BANTEN

berita mou

Menanggapi Anjuran Mentristek Dikti tentang perlunya meningkatkan angka partisipasi kasar (AKP) Perguruan Tinggi di Indonesia, UPBJJ UT Serang bekerjasama dengan Untirta dalam menyelenggarakan pendidikan dengan sitem belajar jarak jauh (SBJJ). Program kerjasama UT-Untirta ini diharapkan diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan APK Perguruan Tinggi khususnya di Provinsi Banten.

Perlu diketahui bahwa APK Perguruan Tinggi di Provinsi Banten berada di posisi kedua terbawah secara nasional (Ristek Dikti go.id, Maret 2017). Kondisi tersebut sangat memprihatinkan karena rata-rata APK Perguruan Tinggi Indonesia itu sendiri secara nasional masih terbilang rendah dibanding negara-negara di ASEAN. APK Perguruan Tinggi Indonesia hingga saat ini berada pada angka 31,5%, sedangkan negara ASEAN lainnya seperti Malaysia (37,2%), Thailand (51,2%), dan Singapura (82,7%). Sementara itu, negara lainnya seperti Korea Selatan memiliki APK Perguruan Tinggi sebesar 92,4%, karena negara ini menerapkan SBJJ.

Oleh karena itu, Menristekdikti dalam beberapa kesepatan mengungkapkan bahwa ke depan Indonesia perlu menerapkan sistem belajar jarak jauh untuk meningkatkan APK Perguruan Tinggi. Beliau berkeyakinan dengan menggunakan pendidikan jarak jauh (PJJ), APK Perguruan Tinggi di Indonesia akan meningkat secara signifikan hingga mencapai 40% pada tahun 2022-2023, melampaui APK Perguruan Tinggi Malaysia (37,2%) (Ristekdikti.go.id, Maret 2018).

Oleh karena itulah, pada momen Wisuda UT tanggal 3 Juli 2018, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus, PhD dan Prof. Dr. Soleh, M.Pd. menandatangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh kerjasama UT-Untirta. Dalam Acara tersebut juga ditandatangani Naskah Perjanjian Kerjasama oleh Wakil Rektor IV Untirta, Prof. Dr. Ir. Kartina AM, MP. dan Kepala UPBJJ UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si. Dengan demikian Mulai Bulan Juli 2018, Program Kerjasama UT- Untirta melalui sistem belajar jarak jauh (SBJJ) resmi dibuka.

Program Kerjasama UT-Untirta ini akan menerima mahasiswa mulai tahun ajaran 2018/2019 dan diharapkan calon mahasiswa yang tidak diterima di Untirta, dapat langsung mendaftarkan diri pada program Kerjasama UT-Untirta dalam berbagai program studi yang ditawarkan, seperti Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Perbankan Syariah, Agribisnis, Teknologi Pangan, Perikanan, dan lain sebagainya.

Program Kerjasama ini sangat menjanjikan, karena kedua institusi (UT dan Untirta) merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang telah terakreditasi BAN PT (A dan B) dan terakreditasi Internasional (ICDE). Selain itu, program kerjasama ini sangat terjangkau dengan SPP sekitar Rp. 2,4 juta persemester sudah termasuk bahan ajar dan tanpa uang bangunan atau sumbangan lainnya.

Dengan adanya kerjasama UT-Untirta ini diharapkan dapat menampung para lulusan SMA yang tidak terserap di PTN konvensional. Kepala UPBJJ Serang, Maman Rumanta, berharap program kerjasama UT-Untirta ini akan mampu mendongkrak APK Perguruan tinggi Provinsi Banten minimal setara rata-rata nasional (31,5%) pada beberapa tahun ke depan. (MR)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.