Dec 10, 2018 Last Updated 7:42 AM, Dec 3, 2018

UT SERANG BERSAMA 88.20 FM HOT RADIO

Published in pengumuman
Read 105 times
Rate this item
(0 votes)

berita agustus 2018

UT SERANG  BERSAMA  88.20 FM HOT RADIO

berita agustus 2018

Jumat (13/7) UPBJJ-UT Serang menebar informasi melalui talk show di 88.2 FM Hot Radio yang bertempat di Citra Gading-Serang.

Evi penyiar yang setia menemani UT, dalam informasi ini masih dengan iformasi yang sama Kepala UPBJJ-UT Serang Dr. Maman Rumanta, M.Si, PJ. Regjian Darwin Effendi, S.Kom, PJ. BBLBA Is Eka Herawati, SP,M.M, dan Kasubbag TU Dyah Palupi S, S.Kom.

Pada kesempatan kali ini,Universitas Terbuka memberikan informasi yang nyata. Dr. Maman Rumanta, M.Si mengatakan secaragamblangbahwa   program-program Studi di UT  sudahterakreditasinasionalmelalui BAN PT dengan peringkat A dan B, serta memperoleh sertifikat kualitas Internasional melalui International council for Distance Education (ICDE) yang berkedudukan di Oslo Norwegia. Dengan demikian kualitas akademik UT  sudah tidak diragukan lagi, apalagi  UT sejak awal berstatus sebaga iPerguruan Tinggi Negeri. Menanggapi pertanyaan pendengar apakah UT merupakan perguruan tinggi yang syah dan diakui,. Maman menegaskan secara tegas sekalilagibahwa  UT adalah Universitas Negeri  yang didirikan pada tahun 1984 diresmikan oleh presiden Soeharto, jadi pasti syah dan diakui oleh pemerintah.

Berbedadengan PTN lain di Indonesia, proses pembelajarandi  Univesitas Terbuka menggunakan sistem belajar jarak jauh yang mengandalkankekuatan media dalampelaksanaannya.  Media yang dimaksudterutamabahan ajar yang telahdirancangkhusus (moduler)  yang didesain khusus untuk dapat dipelajari secaramandiri,  serta berbagai media lainnya khususnya dalam memberikan bantuan belajar, antara lain  tutorial online, bahan ajar digital,  ruang baca virlual,. Dan lainsebagainya.

Dalam pembahasan lain PJ. Bag.Registrasi UPBJJ-UTSerang, Darwin,  menyampaikan informasi mengenai registrasi untuk bagicalonmahasiswa untuk menimba ilmu di Universitas Terbuka, persyaratan relatif mudah hanya ijazah SLTA atau sederajat dan Surat keterangan mengaja runtuk calon mahasiswa FKIP dan tentunya dengan biaya yang terjangkau. Darwin memaparkan bahwa pelaksanaan registrasi UT  dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke UPBJJ-UT Serang atau secara online padalamansia.ut.ac.id.

PJ.Bag. BBLBA, Is Eka Herawati, memaparkan tentang Universitas Terbuka  yang memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Sain danTeknologi, Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), dan Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan (FKIP). Tidak hanya program S1, UT pun mempunyai program S2, mahasiswanya akan mendapatkan fasilitas bahan ajar berupa modul dan layanan yang berbasis online. Selain itu, Universitas Terbuka menyelenggarakan Program Sertifikat Guru Pendamping Muda (PSGPM) PAUD, Administrasi Pemerintahan Desa, Penulisan Karil untuk Guru,Ketatausahaan Sekolah, dan Program Matakuliah Mandiri (PMKM).

Tidak kalah menarik dengan yang sudah diinformasikan sebelumnya, Kasubbag TU, DyahPalupi, pun memaparkan keunggulan yang dimiliki Universitas Terbuka yang tersebar disetiap Provinsi dan saat ini mempunyai 39 UPBJJ-UT diseluruh Indonesiadan 1 unit layananluarnegeri. Universitas Terbuka  sangat terbuka untuk siapa saja warga negara Indonesia dengan persyaratanminimal lulusan SLTA sederajat dan mahasiswa UT dapat belajar dimanapun dan kapanpun, tidak terbatas usia bahkan tidak terbatas lama studi, kemudahan akses yang dimiliki dan fleksibel dalam arti dapat memilih skema layanan.

Dalam sesi terakhir Kepala UPBJJ-UT Serang, Maman Rumanta, dengan semangat memberikan informasi seputar kegiatan kemahasiswaan di UT  Serang yang banyak didanai oleh dikti maupun universitas. Dari dikti sendiri ada lomba ONMIPA, wirausaha mandiri, lomba karya ilmiah mengacu dengan format yang disediakan oleh Ristek Dikti. Selain itu, UT membuat kegiatan kemahasiswaan yang masing mahasiswa secara berkelompok mengajukan proposal misalkan Pelatihan tari atau bidang seni lainnya, olahraga, wirausaha. Saat ini UPBJJ-UT Serang akan mengadakan  UT Serang CUP dengan maksud untuk menyeleksi atlit-atlit berbakat yang akan dikirin sebagai anggota kontingen Disporseni UT Wilayah Barat, yang akan diselenggarakan di  UT Pusat,   pada Bulan September 2018.Di akhir pembicaraannya, Maman mengajak seluruh Warga Banten yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi   Negeri pada jenjang  Diploma, Sarjana, dan Pascarasjana untuk mendaftarkandiri di  UT Serang, Jl.  Raya Jakarta KM 17, Pakupatan, Serang, Banten. (Esa).

Last modified on Thursday, 16 August 2018 02:57

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.