Dec 10, 2018 Last Updated 7:42 AM, Dec 3, 2018

Membangun Tutor Berkualitas Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Kegiatan Pelatihan Tutor

Published in pengumuman
Read 50 times
Rate this item
(0 votes)

Membangun Tutor Berkualitas Dalam Era Revolusi Industri 4.0

Melalui Kegiatan Pelatihan Tutor

Kegiatan Tutorial Tatap Muka merupakan salah satu bantuan belajar yang diberikan kepada mahasiswa UT di setiap kelompok belajar (pokjar). Salah satu manfaat dari pelaksanaan tutorial adalah dapat membantu mahasiswa memecahkan masalah yang dihadapinya dalam mempelajari bahan ajar/modul. Mengingat pentingnya peranan tutorial tersebut, tentunya dibutuhkan tenaga tutor yang memiliki kompetensi sesuai bidang keahliannya dan mampu mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk mampu mandiri agar bisa menangani kendala yang dihadapinya dalam belajar.

WhatsApp Image 2018 11 28 at 08.59.20

Sebagai narasumber sekaligus Direktur UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si membuka kegiatan pelatihan tutor 2018.2 dengan mengangkat tema “Membangun Tutor Berkualitas Dalam Era Revolusi Industri 4.0”. Dalam sambutannya mengatakan bahwa ketersediaan tenaga tutor yang handal sangat disadari oleh UT Serang sehingga UT Serang berupaya meningkatkan kompetensi tenaga tutor yang ada melalui Pelatihan Tutor agar dapat memberikan bekal yang memadai kepada para tutor-tutor aktif tersebut tentang bagaimana filosofi dan ketentuan pelaksanaan tutorial yang sesuai dengan ketentuan UT. Kegiatan Pelatihan Tutor ini bertujuan neningkatkan pengetahuan tutor tentang Sistem Pendidikan Jarak Jauh dan Mekanisme Tutorial di UT serta meningkatkan kemampuan tenaga tutor tentang metode tutorial yang baik.

WhatsApp Image 2018 11 29 at 20.50.57

Tempat pelaksanaan Pelatihan Tutor masa 2018.2 dilaksanakan di Hotel Pesona Krakatau, Anyer. Mulai tanggal 28 s/d 30 November 2018. Penanggung jawab kegiatan Pelatihan Tutor masa 2018.2 adalah Manajer Tutorial dan Bahan Ajar, Is Eka Herawati, SP., MM, yang juga bertindak sebagai narasumber. Narasumber lainnya yang ikut ambil bagian dalam acara Pelatihan Tutor masa 2018.2 diantaranya Drs. Ron Makrony, M.Pd, Rakhmini Juwita, SE., M.Si, dan Dr. Rony Marsyal Kunda, M.Sc.

WhatsApp Image 2018 11 29 at 17.17.35

Sebagai Ketua panitia kegiatan Pelatihan Tutorial masa 2018.2 adalah Nur Rohman Hadi, S.Si yang dibantu oleh Ismail, Ayu Wulandari, S. Kom, Iis Solihat, SE, Ade Irawan, A.Md, dan Abdul Haris, S.Sos. Peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Tutor sebanyak 58 orang yang berasal dari beberapa kelompok belajar (pokjar) di kab/kota se-Banten.

Manfaat kegiatan ini bagi Tutor UT Serang diharapkan dapat meningkatkan wawasan serta keterampilan tutor dalam melaksanakan tugasnya sebagai tutor di masing-masing pokjar. Dengan semakin banyaknya tutor yang telah terlatih maka keterjaminan terhadap ketersediaan tutor yang kompeten dapat tersedia sesuai dengan kebutuhan (baik dari kuantitas maupun kualitasnya) di masing-masing pokjar. (Nur Rohman)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.