Dec 10, 2018 Last Updated 7:42 AM, Dec 3, 2018
ade irawan

ade irawan

Membangun Tutor Berkualitas Dalam Era Revolusi Industri 4.0

Melalui Kegiatan Pelatihan Tutor

Kegiatan Tutorial Tatap Muka merupakan salah satu bantuan belajar yang diberikan kepada mahasiswa UT di setiap kelompok belajar (pokjar). Salah satu manfaat dari pelaksanaan tutorial adalah dapat membantu mahasiswa memecahkan masalah yang dihadapinya dalam mempelajari bahan ajar/modul. Mengingat pentingnya peranan tutorial tersebut, tentunya dibutuhkan tenaga tutor yang memiliki kompetensi sesuai bidang keahliannya dan mampu mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk mampu mandiri agar bisa menangani kendala yang dihadapinya dalam belajar.

WhatsApp Image 2018 11 28 at 08.59.20

Sebagai narasumber sekaligus Direktur UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si membuka kegiatan pelatihan tutor 2018.2 dengan mengangkat tema “Membangun Tutor Berkualitas Dalam Era Revolusi Industri 4.0”. Dalam sambutannya mengatakan bahwa ketersediaan tenaga tutor yang handal sangat disadari oleh UT Serang sehingga UT Serang berupaya meningkatkan kompetensi tenaga tutor yang ada melalui Pelatihan Tutor agar dapat memberikan bekal yang memadai kepada para tutor-tutor aktif tersebut tentang bagaimana filosofi dan ketentuan pelaksanaan tutorial yang sesuai dengan ketentuan UT. Kegiatan Pelatihan Tutor ini bertujuan neningkatkan pengetahuan tutor tentang Sistem Pendidikan Jarak Jauh dan Mekanisme Tutorial di UT serta meningkatkan kemampuan tenaga tutor tentang metode tutorial yang baik.

WhatsApp Image 2018 11 29 at 20.50.57

Tempat pelaksanaan Pelatihan Tutor masa 2018.2 dilaksanakan di Hotel Pesona Krakatau, Anyer. Mulai tanggal 28 s/d 30 November 2018. Penanggung jawab kegiatan Pelatihan Tutor masa 2018.2 adalah Manajer Tutorial dan Bahan Ajar, Is Eka Herawati, SP., MM, yang juga bertindak sebagai narasumber. Narasumber lainnya yang ikut ambil bagian dalam acara Pelatihan Tutor masa 2018.2 diantaranya Drs. Ron Makrony, M.Pd, Rakhmini Juwita, SE., M.Si, dan Dr. Rony Marsyal Kunda, M.Sc.

WhatsApp Image 2018 11 29 at 17.17.35

Sebagai Ketua panitia kegiatan Pelatihan Tutorial masa 2018.2 adalah Nur Rohman Hadi, S.Si yang dibantu oleh Ismail, Ayu Wulandari, S. Kom, Iis Solihat, SE, Ade Irawan, A.Md, dan Abdul Haris, S.Sos. Peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Tutor sebanyak 58 orang yang berasal dari beberapa kelompok belajar (pokjar) di kab/kota se-Banten.

Manfaat kegiatan ini bagi Tutor UT Serang diharapkan dapat meningkatkan wawasan serta keterampilan tutor dalam melaksanakan tugasnya sebagai tutor di masing-masing pokjar. Dengan semakin banyaknya tutor yang telah terlatih maka keterjaminan terhadap ketersediaan tutor yang kompeten dapat tersedia sesuai dengan kebutuhan (baik dari kuantitas maupun kualitasnya) di masing-masing pokjar. (Nur Rohman)

Tagged under

 

UT SERANG  MENGGELAR ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU (OSMB) PROGRAM PASCASARJANA

 OSMB PPS 2018 1

Melalui Pendidikan Pascasarjana (PPs)kita tingkatkan kapasitas keilmuan dan kualitas SDM Pendidik. Kalimat itulah yang menjadi tema acara OSMB PPs UT Serangmasa registrasi 2018/2019.1. Acara tersebut berlangsung pada hari Minggu, 12 Agustus 2018 bertempat di Aula Universita Terbuka Serang, yang dihadiri oleh 39 mahasiswa  dari berbagai program studi diantaranya Program Studi Magister Ilmu Kelautan bidang minat Manajemen Perikanan, Magister Manajemen bidang minat Keuangan, Magister Ilmu Administrasi bidang minat Administarsi Publik, Magister Pendidikan Dasar, dan Magister Pendidikan Matematika.

Direktur UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si membuka kegiatan OSMB PPsini ditandai dengan penyematan jaketalmamaterkepadaperwakilan mahasiswa dari program studi Magister Pendidikan Dasar, Oyok Sunaryo dan  program studi Magister Manajemen bidang minat Keuangan,  Indah Setiawati.

Sebagai narasumber sekaligus Direktur UT Serang, Maman Rumanta, memberikan sambutan dan penjelasan tentang informasi umum dan perkembanganterkini Universitas Terbuka. Dengan paparan tersebut para mahasiswa diharapkan mendapat gambaran secara utuh tentang Universitas Terbuka saat ini beserta keunggulan yang dimilikinya.

Hadir pula perwakilan dari UT Pusat yaitu Dr. Tita Rosita, M.Pd sebagai Penanggung jawab bidang Administrasi Pusat Pengelolaan Program Pascasarjana. Tita Rosita dengan semangatnya memaparkan tentang berbagai Program Studipada PPs Universitas Terbuka serta kiat sukses menjadi mahasiswa PPs UT. Menurut Tita Rosita para mahasiswa  PPs wajib mengetahui siklus belajar setiap semester, peran Tutorial Tatap Muka (TTM), serta manajemen waktu. Dengan demikian diharapkan mahasiswa  dapat lulus tepat waktu. Selain itu,Tita Rosita memberikan gambaran mengenai TAPM, BTR, Ujian Sidang, dan yudisium,  sertalayanan UT online  yang berfungsi sebagai sarana belajar dan wahana komunikasi mahasiswa PPs Universitas Terbukadengan  Tutor  dan antar mahasiswa.

Narasumber lainnya yang ikut ambil bagian dalam acara OSMB PPs yaitu Darwin Efendi, S.Kom sebagai Manajer registrasi dan Asesmen, menjelaskan bagaimana proses registrasi dan ujian PPs UT. Rakhmini Juwita, S.E, M.Si sebagai Plh manajer Bahan ajar dan Tutorial membahas tentang mekanisme pembelajaran PPs Universitas Terbuka serta layanan tutorial online. Iis Solihat, S.E. sebagai pelaksana Administrasi PPs UT Serang, menjelaskan bagaimana  proses pengadministrasian  PPs UT Serang.

OSMB PPS 2018 2

Acara OSMB PPs diakhiri dengan penjelasan Dr. Rony M Kunda, M.Sc. sebagai penanggung jawab Program Pascasarjana UT Serang. Rony M. Kunda menjelaskan bahwa mahasiswa  harus berperan aktif selama proses belajar berlangsung. Beliau memperkenalkan situs pencarian jurnal yang dapat dijadikan sumber referensi mahasiswa dalam proses belajar secara mandiri. Para mahasiswa PPs UT Serang terlihat antusias mendengar penjelasan dari Rony M Kunda,tentang pentingnya jurnal dan menghidari plagiarisme dalam penulisannya. Diharapkan mahasiswa  PPs UT Serang tidak kalah saing dengan mahasiswa universitas lain. Jayalah PPs UT Serang jayalah Pendidikan Indonesia. (Maulinda)

Tagged under

berita agustus 2018

UT SERANG  BERSAMA  88.20 FM HOT RADIO

berita agustus 2018

Jumat (13/7) UPBJJ-UT Serang menebar informasi melalui talk show di 88.2 FM Hot Radio yang bertempat di Citra Gading-Serang.

Evi penyiar yang setia menemani UT, dalam informasi ini masih dengan iformasi yang sama Kepala UPBJJ-UT Serang Dr. Maman Rumanta, M.Si, PJ. Regjian Darwin Effendi, S.Kom, PJ. BBLBA Is Eka Herawati, SP,M.M, dan Kasubbag TU Dyah Palupi S, S.Kom.

Pada kesempatan kali ini,Universitas Terbuka memberikan informasi yang nyata. Dr. Maman Rumanta, M.Si mengatakan secaragamblangbahwa   program-program Studi di UT  sudahterakreditasinasionalmelalui BAN PT dengan peringkat A dan B, serta memperoleh sertifikat kualitas Internasional melalui International council for Distance Education (ICDE) yang berkedudukan di Oslo Norwegia. Dengan demikian kualitas akademik UT  sudah tidak diragukan lagi, apalagi  UT sejak awal berstatus sebaga iPerguruan Tinggi Negeri. Menanggapi pertanyaan pendengar apakah UT merupakan perguruan tinggi yang syah dan diakui,. Maman menegaskan secara tegas sekalilagibahwa  UT adalah Universitas Negeri  yang didirikan pada tahun 1984 diresmikan oleh presiden Soeharto, jadi pasti syah dan diakui oleh pemerintah.

Berbedadengan PTN lain di Indonesia, proses pembelajarandi  Univesitas Terbuka menggunakan sistem belajar jarak jauh yang mengandalkankekuatan media dalampelaksanaannya.  Media yang dimaksudterutamabahan ajar yang telahdirancangkhusus (moduler)  yang didesain khusus untuk dapat dipelajari secaramandiri,  serta berbagai media lainnya khususnya dalam memberikan bantuan belajar, antara lain  tutorial online, bahan ajar digital,  ruang baca virlual,. Dan lainsebagainya.

Dalam pembahasan lain PJ. Bag.Registrasi UPBJJ-UTSerang, Darwin,  menyampaikan informasi mengenai registrasi untuk bagicalonmahasiswa untuk menimba ilmu di Universitas Terbuka, persyaratan relatif mudah hanya ijazah SLTA atau sederajat dan Surat keterangan mengaja runtuk calon mahasiswa FKIP dan tentunya dengan biaya yang terjangkau. Darwin memaparkan bahwa pelaksanaan registrasi UT  dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke UPBJJ-UT Serang atau secara online padalamansia.ut.ac.id.

PJ.Bag. BBLBA, Is Eka Herawati, memaparkan tentang Universitas Terbuka  yang memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Sain danTeknologi, Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), dan Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan (FKIP). Tidak hanya program S1, UT pun mempunyai program S2, mahasiswanya akan mendapatkan fasilitas bahan ajar berupa modul dan layanan yang berbasis online. Selain itu, Universitas Terbuka menyelenggarakan Program Sertifikat Guru Pendamping Muda (PSGPM) PAUD, Administrasi Pemerintahan Desa, Penulisan Karil untuk Guru,Ketatausahaan Sekolah, dan Program Matakuliah Mandiri (PMKM).

Tidak kalah menarik dengan yang sudah diinformasikan sebelumnya, Kasubbag TU, DyahPalupi, pun memaparkan keunggulan yang dimiliki Universitas Terbuka yang tersebar disetiap Provinsi dan saat ini mempunyai 39 UPBJJ-UT diseluruh Indonesiadan 1 unit layananluarnegeri. Universitas Terbuka  sangat terbuka untuk siapa saja warga negara Indonesia dengan persyaratanminimal lulusan SLTA sederajat dan mahasiswa UT dapat belajar dimanapun dan kapanpun, tidak terbatas usia bahkan tidak terbatas lama studi, kemudahan akses yang dimiliki dan fleksibel dalam arti dapat memilih skema layanan.

Dalam sesi terakhir Kepala UPBJJ-UT Serang, Maman Rumanta, dengan semangat memberikan informasi seputar kegiatan kemahasiswaan di UT  Serang yang banyak didanai oleh dikti maupun universitas. Dari dikti sendiri ada lomba ONMIPA, wirausaha mandiri, lomba karya ilmiah mengacu dengan format yang disediakan oleh Ristek Dikti. Selain itu, UT membuat kegiatan kemahasiswaan yang masing mahasiswa secara berkelompok mengajukan proposal misalkan Pelatihan tari atau bidang seni lainnya, olahraga, wirausaha. Saat ini UPBJJ-UT Serang akan mengadakan  UT Serang CUP dengan maksud untuk menyeleksi atlit-atlit berbakat yang akan dikirin sebagai anggota kontingen Disporseni UT Wilayah Barat, yang akan diselenggarakan di  UT Pusat,   pada Bulan September 2018.Di akhir pembicaraannya, Maman mengajak seluruh Warga Banten yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi   Negeri pada jenjang  Diploma, Sarjana, dan Pascarasjana untuk mendaftarkandiri di  UT Serang, Jl.  Raya Jakarta KM 17, Pakupatan, Serang, Banten. (Esa).

Tagged under

 AGEN PEMBANGUNSDM BANTEN BERSAMA  105.6 FM  RADIO PARANTI

Senin (02/08/2018) Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Serang berkesempatan untuk mengadakan talk show dalamrangka sosialisasi dan promosi Universitas Terbuka  di Radio Paranti Pandeglang yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menyajikan pemaparan kepada masyarakat tentang bagaimana sistem pembelajaan online Universitas Terbuka,Apa keunggulan Universitas Terbuka dibanding kampus negeri lainnya, jurusan apa saja yang terdapat di Universitas Terbuka, dan biaya untuk kuliah di Universitas Terbuka.

Acara tersebut dilaksanakan di  105.6 FM   Radio Paranti, dengannarasumberkepala UPBJJ-UT Serang Dr. Maman Rumanta, M.Si,danPJ Bag. Registrasi dan Ujian Darwin Effendi, S.Kom,  di pandu oleh host radio paranti Cleo Lumanto. Tema acara sosialisasi dan promosi ini  “Kuliah di Universitas Terbuka Tanpa Ongkos, Tanpa Ngekos, Tapi Tetap Jos”.

 berita agustus 2018 1

 Talk show ini dimulai dengan paparan tentang UT oleh Kepala UPBJJ  dilanjutkan tentang bantuan belajar, registrasi, dan ujian oleh  PJ. Bag.Registrasi dan Ujian yang dipandu secara apik oleh  Host Radio Paranti, Cleo Lumanto. Beberapa pendengar radio  meberikan pertanyaan  yang langsung direspon dengan cepa toleh Maman Rumanta maupun  Darwin Efendi.

Diakhir sesi Maman mengajak pemirsa, khususnya di wilayah Pandeglang dan sekitarnya, untuk melanjutkan studi di  UT Serang, karena fleksibilitasnya,  keterbukaannya, biaya terjangkau,  dan yang terpenting tanpa harus ngekos,  tanpa harus keluar ongkos, tetapi tetap Jos.

berita agustus 2018 2

Semoga dengan dilakukannya sosialisasi dan promosi melalui  105.6 FM  Radio Parantiini, UT Serang semakin dikenal masyarakat khususnya di Wilayah Pandeglang, Banten  (Ayu).

Tagged under

PROGRAM KERJASAMA UT-UNTIRTA SIAP MENDONGKRAK APK PERGURUAN TINGGI PROVINSI BANTEN

berita mou

Menanggapi Anjuran Mentristek Dikti tentang perlunya meningkatkan angka partisipasi kasar (AKP) Perguruan Tinggi di Indonesia, UPBJJ UT Serang bekerjasama dengan Untirta dalam menyelenggarakan pendidikan dengan sitem belajar jarak jauh (SBJJ). Program kerjasama UT-Untirta ini diharapkan diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan APK Perguruan Tinggi khususnya di Provinsi Banten.

Perlu diketahui bahwa APK Perguruan Tinggi di Provinsi Banten berada di posisi kedua terbawah secara nasional (Ristek Dikti go.id, Maret 2017). Kondisi tersebut sangat memprihatinkan karena rata-rata APK Perguruan Tinggi Indonesia itu sendiri secara nasional masih terbilang rendah dibanding negara-negara di ASEAN. APK Perguruan Tinggi Indonesia hingga saat ini berada pada angka 31,5%, sedangkan negara ASEAN lainnya seperti Malaysia (37,2%), Thailand (51,2%), dan Singapura (82,7%). Sementara itu, negara lainnya seperti Korea Selatan memiliki APK Perguruan Tinggi sebesar 92,4%, karena negara ini menerapkan SBJJ.

Oleh karena itu, Menristekdikti dalam beberapa kesepatan mengungkapkan bahwa ke depan Indonesia perlu menerapkan sistem belajar jarak jauh untuk meningkatkan APK Perguruan Tinggi. Beliau berkeyakinan dengan menggunakan pendidikan jarak jauh (PJJ), APK Perguruan Tinggi di Indonesia akan meningkat secara signifikan hingga mencapai 40% pada tahun 2022-2023, melampaui APK Perguruan Tinggi Malaysia (37,2%) (Ristekdikti.go.id, Maret 2018).

Oleh karena itulah, pada momen Wisuda UT tanggal 3 Juli 2018, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus, PhD dan Prof. Dr. Soleh, M.Pd. menandatangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh kerjasama UT-Untirta. Dalam Acara tersebut juga ditandatangani Naskah Perjanjian Kerjasama oleh Wakil Rektor IV Untirta, Prof. Dr. Ir. Kartina AM, MP. dan Kepala UPBJJ UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si. Dengan demikian Mulai Bulan Juli 2018, Program Kerjasama UT- Untirta melalui sistem belajar jarak jauh (SBJJ) resmi dibuka.

Program Kerjasama UT-Untirta ini akan menerima mahasiswa mulai tahun ajaran 2018/2019 dan diharapkan calon mahasiswa yang tidak diterima di Untirta, dapat langsung mendaftarkan diri pada program Kerjasama UT-Untirta dalam berbagai program studi yang ditawarkan, seperti Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Perbankan Syariah, Agribisnis, Teknologi Pangan, Perikanan, dan lain sebagainya.

Program Kerjasama ini sangat menjanjikan, karena kedua institusi (UT dan Untirta) merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang telah terakreditasi BAN PT (A dan B) dan terakreditasi Internasional (ICDE). Selain itu, program kerjasama ini sangat terjangkau dengan SPP sekitar Rp. 2,4 juta persemester sudah termasuk bahan ajar dan tanpa uang bangunan atau sumbangan lainnya.

Dengan adanya kerjasama UT-Untirta ini diharapkan dapat menampung para lulusan SMA yang tidak terserap di PTN konvensional. Kepala UPBJJ Serang, Maman Rumanta, berharap program kerjasama UT-Untirta ini akan mampu mendongkrak APK Perguruan tinggi Provinsi Banten minimal setara rata-rata nasional (31,5%) pada beberapa tahun ke depan. (MR)

Tagged under