Sep 22, 2017 Last Updated 7:42 AM, Sep 12, 2017
susy

susy

TUTORIAL BERKUALITAS UJIAN SUKSES

 (PATUT UT SERANG MASA UJIAN 2017/2018)

Universitas Terbuka (UT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri dengan prinsip belajar mandiri semakin dikenal oleh masyarakat sebagai institusi penyelenggara  pendidikan jarak jauh. Kualitas UT sebagai PTJJ dengan akreditasi terbaik se-Asia tentunya memberikan tanggung jawab lebih bagi UT untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kepada masyarakat pada umumnya dan mahasiswa secara khusus.

Mutu dan kualitas UT salah satunya dapat dilihat pada proses belajar yang biasa dikenal dengan Tutorial Tatap Muka yang sebenarnya merupakan bantuan belajar bagi mahasiswa yang merasakan sulit untuk memahami Buku Modul Pokok (BMP) jika hanya melakukan belajar mandiri dirumah, dan berkontribusi dinilai Ujian Akhir Semester (UAS) dengan catatan yang telah ditentukan oleh UT.

Tanggal 24 Juli – 26  2017, UT Serang sebagai penyelenggara kegiatan tutorial mempersiapkan perangkat dalam menjaga mutu dan kualitas belajar mahasiswa, dengan menyelenggarakan kegiatan PATUT bagi para tutor S1 program studi FHISP, FEKON, FMIPA dan FKIP non PGSD/PGPAUD, dengan tema “Meningkatkan Kompetensi dan Keterampilan Tutorial Sebagai Upaya Mengoptimalkan Ragam Sumber Belajar”.

Tiga puluh tutor dari PTN, PTS dan guru SMA se-Provinsi Banten diberikan bekal yang bertempat di Anyer, Banten.  Tutor selain membantu dalam proses belajar mahasiswa juga sebagai motivator mahasiswa dalam proses belajar di UT. Materi tentang pembelajaran tutorial yang meliputi informasi tentang Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) oleh Kepala UT Serang, Dra.Hartinawati, M.Pd, strategi belajar mandiri, pengembangan RAT/SAT, pengembangan tugas dan pedoman penskoran serta pengembangan rancangan tugas tutorial dan kisi-kisi disampaikan oleh beberapa narasumber yang ikut dalam kegiatan tersebut.  Micro teaching merupakan penyempurna dalam kegiatan PATUT masa ujian 2017/2018, dimana para peserta mendapatkan penilaian dari fasilitator dan teman sejawat, dengan rata-rata nilai baik.

 

Tagged under

 

SILATURAHMI DALAM KEGIATAN RAPAT KERJA DAERAH TENTANG SKEMA BARU

UT SERANG DENGAN PENGURUS POKJAR SE-PROVINSI BANTEN

Skema baru di Universitas Terbuka (UT) lahir bersamaan dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. UT sebagai penyelenggaran pendidikan tinggi terbuka jarak jauh, memiliki kewenangan dalam menjembatani kebutuhan antara mahasiswa dan pengurus pokjar, selain itu maksud dan tujuan dari skema baru di UT ingin memberikan layanan prima kepada masyarakat melalui pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan.

Diselenggarakan di Alissa Resort, Anyer pada tanggal 27-28 Juli 2017, Kepala UT Serang, Dra. Hartinawati, M.Pd, resmi membuka kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dilanjutkan dengan acara silaturahmi dan perkenalan pimipinan Kepala UT Serang baru masa jabatan 2017-2021.

UT Serang dengan Pengurus Pokjar adalah mitra, dalam arti diantara para pihak saling memberikan pelayanan terbaik untuk satu tujuan yaitu peningkatan angka partisipasi mahasiswa dalam setiap semesternya dan peningkatan kompetensi pendidikan bagi peserta didik untuk program studi S1 PGSD-PGPAUD serta mencerdaskan anak bangsa hingga pelosok daerah pada umumnya.

Kegiatan dihadiri oleh 61 orang dari 26 pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) yang terdiri dari pengurus pokjar S1 FHISIP, FEKON, FMIPA dan FKIP Non PGSD/PGPAUD dan pengurus pokjar S1 PGSD/PGPAUD yang terdaftar dalam pengurus Pokjar skema baru.

Dalam paparannya Kepala UT Serang menyampaikan kembali maksud dan tujuan dari skema baru kepada para pengurus Pokjar, sosialisasi kembali tentang skema baru kepada pengurus pokjar, agar pelayanan kepada mahasiswa adalah yang utama dalam proses pembelajaran yang berlangsung di UT. Diakhir acara, diberikan waktu untuk Sesi tanya jawab antara pimpinan UT dan para pengurus Pokjar.

Tagged under

Most Read